Saturday, December 3, 2011

Milky Loaf Bread


Sejak tau buat roti sendiri jadinya sekarang jarang beli roti di bakery.. Dalam seminggu aq buat roti 2 atau 3 kali, baik itu roti tawar atau roti manis. Selalu nya buat roti nya malam hari abis dinner,entah itu rotinya untuk breakfast atau bekal nya anak anak.

Weekend kemaren jalan jalan ke mall,beli loyang  loaf  yg non stick,jadi nya semangat banget mau buat roti tawar,ceritanya sekalian mau cobain loyang baru nya..hehe
Kemaren buat roti tawar ini, baru cobain resep liat di blog Happy Home Baking .Ternyata roti tawar nyaenak teksturnya lembut sampe keesokan hari nya.. It's worth to try  and it's a keeper for me..



Milky Loaf  Bread resep aslinya liat di sini

 Bahan Bahan :
  • 143 gram  fresh milk
  • 35 gram telur *1 telor di kocok lepas baru di timbang,sisanya untuk bahan olesan
  • 25 gram caster sugar
  • 5 gram garam
  • 200 gram bread flour/protein tinggi
  • 50 gram tepung all purpose *resep asli pake 250 gram tepung protein tinggi
  • 4 gram  Instant yeast
  • 38 gram unsalted butter

Bahan Olesan :
Sisa telur di atas setelah di timbang 
1 sdm susu cair


Cara Membuatnya:
1.Di dalam mangkok campur tepung roti,gula,garam dan ragi aduk rata.
2.Masukkan telur, susu cair sedikit demi sedikit sambil di aduk rata., lalu uleni adonan sampe ngga nempel lagi di tangan kurleb 5 menit.
3.Tipiskan doughnya, kasih butter dan ulenin lagi sampai kalis elastic kurleb 20 menit.
Pada mulanya adonan akan lembek lagi dan sedikit berminyak,tapi tetep aja ulenin,lama kelamaan butter nya akan meresap ke dough nya, kalo misalnya terlalu lembek boleh tambah tepung sesendok,jgn kebanyakan nanti malah keras.
4.Kalo sudah kalis elastik,bentuk adonan menjadi bulat taruh di dalam mangkok tutup dan biarkan mengembang 2 kali lipat kurleb 1 jam .Kalo sudah mengembang tusuk adonan nya dengan tangan,kalo adonan nya ngga balik lagi,berarti dah mengembang dgn sempurna.
5. Tumbuk adonan nya untuk mengeluarkan gas nya.bagi adonan nya menjadi 3 bagian yg sama ,*kalo aq  di timbang adonan nya trus bagi tiga.
6. Bentuk masing masing adonan berbentuk bulat lalu diamkan adonan nya selama 15 menit.(didiamkan supaya adonan nya gampang di gulung dan di bentuk nanti)
7. Tipiskan adonan nya, di giling sehingga menjadi bentuk persegi panjang.Setelah itu gulung adonan nya seperti membuat bolgul. buat gulungan nya kuat dan buat gulungan sebanyak banyak nya. Buat yang sama dengan sisa adonan nya.
8. Masukkan ke dalam loyang loaf  yg sudah di oles tipis dgn mentega dan biarkan dough nya mengembang untuk kedua kali nya sampe 2 x lipat.. tutup adonan dgn serbet bersih atau cling wrap agar adonan tidak kering.
9. Setelah adonan mengembang,oles dengan bahan olesan dan  panggang di preheated oven pada suhu 180'c selama 30 menit atau sampe kecoklatan.. *karena aku pake loyang yg berwarna hitam aq panggang nya di suhu 160'C selama 20 menit.
10.Kalo sudah matang ,keluarkan dari dalam loyang  dan biarkan dingin baru di potong .


Roti nya enak walo  sampe keesokan hari nya, teksturnya tetep lembut,deangann catatan taruh di air tight yah.
Rotinya cocok di makan githu aja di olesi sama selai kesukaan masing atau di jadikan toast bread..
Kalo aq kemaren rotinya di toast dulu baru di olesi dengan selai nanas dan makan nya di temani dengan secangkir teh..

Hmmm..what a beautiful day.. ^_*

No comments: