Wednesday, February 15, 2012

Buttermilk Banana Bread


Banana bread atau banana cake uda ngga asing lagi di rumah, sering banget buat nya , kue  apa aja asal ada campuran pisang nya  pasti ngga tahan lama di rumah. Emang pada dasar nya kami suka makan pisang entah di  makan begitu aja, di buat pisang goreng atau di rebus..you name it, as long as banana  mah pasti laku di rumah ini.. hehe  kebetulan ada pisang raja 6 buah yang uda bonyok di dalam kulkas.jadi nya di buat aja banana bread ini sekalian buat bekal nya Orel.


Seperti yang aku bayangin tekstur nya memang  lembut ,pake buttermilk khan, menurut pengalaman aq apapun kalo pake buttermilk akan lebih moist, makanya sekarang nge fans banget sama buttermilk.
Btw.. Melly belum pernah liat buttermilk di sini :(   untung ada yang namanya homemade buttermilk, jadi nya setiap saat buat buttermilk sendiri.Pasti dah pada tau khan gimana buat buttermilk sendiri, cuma susu cair yang di hangatkan di tambah dengan cuka atau perasan jeruk nipis/lemon  di aduk lalu didiamkan sebentar hingga susunya menggumpal dan pecah kaya susu kalo sudah basi.Biasanya tiap  200 ml susu cuka yang di pakai 1 sdt teh atau 1 sdm  air perasan jeruk lemon/nipis. Nah gampang khan buat buttermilk sendiri.. ;)





Resep nya dah lama di bookmarked tapi baru kesampean buat nya.. hehe  tadi buat nya pake loaf pan yang kecil jadinya ada sisa adonan nya yang aq buat di loyang2 yg kecil, jadi deh 2 loyang bentuk heart jatah nya yang anak cewe tuh dan 1 loaf pan yang kecil banget untuk abang nya.. hehe   Joom lihat resep nya, teksturnya emang empuk bahkan sampe keesokan hari nya.


Buttermilk Banana Bread
Sumber : www.melskitchencafe.com
 Modified by : Melly

Bahan - Bahan :
1/2 cup unsalted butter - suhu ruang
1 1/2 cups gula *aq pake 1 cup (pisang nya uda manis)
 2 telur ukuran besar
1 cup pisang yg di haluskan *aq pake 1 1/4 cup pisang raja (sekalian ngabisiin pisang nya)
4 sdm buttermilk *aq pake 5 sdm homemade buttermilk
1/2 sdt  vanilla essence
1 3/4 cups tepung serbaguna
1 sdt  baking powder
1/4 sdt garam
1/4  sdt  baking soda


Cara Membuat:
1.Panaskan oven pada suhu 180'C .Oleskan mentega  loaf pan besar ukuran  9 1/4 X 5 1/4 inchi atau baking pan apa aja. Melly pake loaf pan yg kecil tambah loyang kecil lagi.
2. Campur dan ayak tepung, baking soda, baking powder,garam.
3. Kocok butter dan gula sampe creamy ngga perlu mengembang, tambahkan telornya satu persatu ,kocok hingga rata.Masukkan pisang nya,kocok rata, masukkan buttermilk dan vanilla lalu kocok hingga rata.
4.Masukkan campuran tepung nya sedikit demi sambil di  kocok hingga rata.
5. Masukkan ke dalam loyang yang sudah di sediakan lalu panggang selama kurleb 50 menit tergantung oven dan loyang yang di pakai atau buat tes tusuk.
6. Kalo sudah matang,keluarkan dari loyang dan dinginkan di cooling rack,biarkan dingin baru di potong .

Met Mencoba.. ^__*

9 comments:

Nadz Nazharzan said...

Hai Melly..
Ye betul tu Melly. Nasib baik ada resepi home made buttermilk kan. Kalau tak mana nak cari buttermilk tu. Naz pun baru buat kek coklat yg gunakan buttermilk sbg salah satu bahannya. Mesti lembut banget roti ni sbb yg Naz tau buttermilk tu menjadikan hasil masakan kita lembut jer.. Perlu dicuba satu hari nanti..

kakna said...

banyaknya melly..
boleh bagi kakna sepotong untuk sarapan.

Azlita Aziz said...

nampak lembut melly banana breadnya.. akak pun suka kalau yg letak banana.. nanti mau di coba juga resep ni..

mesti baunya asyik sekali lagi dlm oven.. sampai Orel dah engak sabar deh!
comel ya anak melly ni.. macam mamanya :)

MANISMANIS said...

kasihan tuh anaknya nungguin,,,cepatan dong di potong...kalo bagian aku jgn dipotong ya...trus mau yang paling gede juga hahaha

rahel said...

Mat malam Melly...apakah masih ada kek pisang itew..gue liat byk banget..maunya yang bentuk love itu..

Amie said...

Selamat pagi Melly,
banana bread memang kegemaran Kak Amie.. apalagi yang ada buttermilk itu sudah semestinya tambah lazat! Banyak ye Melly biki, boleh tapau sepotong kah Melly...cantik yang love itu!

CT Delima said...

Hai Melly


baru ni ada kesempatan singggah, ini pun lagi pening2 lalat dirumah. banyak urusan lagi hendak dibuat. mana kain baju belum dilipat..adohhh kerja suri rumah ni engga pernah habis ya kan..hehehe

Itu hari ada beli pisang, tapi sampai hitam dalam kulkas apa lagi buat jemput2 aje senang untuk kudap2 petang hari Melly...hehehe. Tapi yang Melly buat ini lagi sedap, kek nya lagi harum. Ada lagi atau udah habis ni...

Melly Octaviana said...

@Nazd.. Iya melly pun selalu guna buttermilk, tekstur nya lebih moist khan.nasib baik boleh buat sendiri khan.. hehe

@kak Na.. boleh dong kalo buat kak na.. hehe

@Kak Ita.. sama kak suka sama yang ada banana nya.. hehe

@Ayin.. hehe, belum di photo ngga boleh di makan dulu.. ;)

@rahel..special yah yg bentuk love unurk rahel,edisi valentine ini. hehe

@Kak Amie.. satu lagi yg bentuk love unutk akak.. sayang akak.. ;)

@kak CT.. hari ini melly buat jemput2 pisang pake resepi nya akak, memang sedap.. ;)

dessy said...

mau buat ini today buat bekal aa daniel....ehhh lupa, stock telurnya habis....hikzzz...keburu ga yaaaaa...lihatnya menggiurkan skali mba melll ...idem sama daniel tuh anak2 nya mba mell ...banana di apain juga sukaaaa ^_^ ...ijin lihat reepnya ya mba mellll ^__*