Wednesday, November 9, 2011

LBT # 7 Two Layer Cotton Cake rasa Vanila & Pandan




Bulan July telah tiba ngga kerasa uda LBT yg ke 7, kali ini dgn tema Cotton Cake. Hostnya Bunda Ricke.

Buat Pr kali ini bukan pertama kalinya buat cotton cake,krn sebelum nya pernah buat JCC yg ternyata CC, Padahal waktu itu ngga tau kalo itu yg namanya cotton cake..jdnya rada PeDe juga buat pr nya, malah pr kali ini sampe 2 kali buatnya dalam sebulan dan semuanya berhasil..Horeeee *luck nya lagi bagus aja kalee..

Pertama kali buat u/ base BDCK nya hubby dan ternyata cakenya enak,ringan dan lembut.. sama kaya cake Apollo di sini yg Orel selalu beli waktu mommy blm bisa buat cake.. ssstt sampe skrg kdg Orel beli juga sih ,kalo ke toko liat cake pandan nya Apollo. :P Dan yg kedua buat PR baru kemaren buatnya, malah masih ada skrg.. ;)

Resep CC yg beredar kebanyakan nya memakai telur yg bnyk ,makanya aga takut juga kalo gagal, sempet bingung mau pake resep yg mana, akhirnya aq memilih pake resep yg ini krn kebetulan punya loyang yg pas dgn ukuran resep nya.. *ngga kreatif bgt yah..

Resep nya aq liat di Blog ini di sini Tapi aq buat modified sesuai dgn selera tentunya. Cotton Cakenya aq jadian 2 lapis, pake Vanilla sama Pandan.. Kenapa 2 lapis ? .. krn waktu buat pertama kali pake resep ini juga , Odie complaint krn dia ngga suka kalo yg rasanya pandan, kebalikan nya sama Orel malah suka bgt rasa pandan, jadinya biar semua kebagian aq buat deh 2 rasa.. lalu aq tumpuk jdnya kaya lapis cake,Cuma kayanya agak ketinggian lapisnya... :D:D:D

Untuk fillingnya aq pake coklat ganache u/ yg rasa Vanilla dan Butter Cream topping dgn serutan keju u/ yg rasa pandan…hhmmmm yummmy.. don’t you think so.. *wink


Ini resep nya yg sudah aq modified sedikit

Bahan A
60 gr unsalted butter
80 gr tepung cake

Bahan B
80 gr santan kental *aq pake KARA
6 kuning telur
½ sdt garam

Bahan C
6 putih telur
75 gr gula pasir
½ sdt Cream of tar tar


Bahan D
1 sdt Vanilla essence
½ sdt Pandan paste

Cara Membuat :

•Panaskan oven suhu 180 “C
•Alasi loyang ukuran 9 “ x 9 “ dengan kertas roti, oles margarin tipis saja. *krn aku buat 2 rasa aku taruh pemisah di tengah loyang nya dgn alumunium foil. Atau bisa pakai 2 loyang yg sama ukuran nya.

Bahan A
•Panaskan butter sampai mencair, lalu campur dengan terigu. Aduk sampai rata

Bahan B
•Kocok lepas kuning telur. Panaskan susu , Campur susu panas ke dalam telur, Aduk rata.


Campur bahan A dan bahan B. Aduk sampai rata dan tidak berbutir-butir. Jaga agar campuran bahan A&B ini tetap hangat ketika dicampur ke kocokan putih telur. Bisa dengan cara merendam wadahnya diatas air hangat atau taruh di atas oven yg sedang di panaskan.

Bahan C
•Kocok putih telur dan cream of tar tar sampai berbusa, masukkan gula sedikit demi sedikit lalu kocok sampai soft peak.

•Ambil sedikit bahan C, campur ke bahan A&B, lalu aduk rata.
•Lalu masukkan bahan A&B ke dalam adonan putel dan aduk balik hingga rata.
•Bagi 2 adonan nya. 1 bagian aq kasih pandan paste.Dan 1 nya lagi aku kasih vanilla essence.
•Tuang ke dalam loyang yg sudah di siapkan.
• Lalu panggang au bain marie selama 10 menit dgn suhu 180”C dan turunkan suhu 150 “C panggang selama 50 menit atau sampai matang/sampai permukaan berwarna kuning keemasan.


Met Moncoba, Salam LBT ^_*

# Posted on my Fb on 11 July 2011