Sunday, November 20, 2011

Lontong Sayur Labu Siam

Happy Sunday my friends... Sarapan apa pagi ini.. ?
Kangen sama sarapan ala di Jakarta yang banyak pilihan nya, Ada nasi uduk,nasi kuning,lontong sayur, ketoprak,bubur ayam, dll..Makan nya ngga pake repot lagi ,tinggal pesan nya ..hu hu hu miss jakarta so much... ;(

Tempo hari Dessy posting sayur labu siam, jadi kepengen makan lontong sayur, mana labu siam agak langka juga di desa ini,mesti ke supermaket besar baru ada,pas ke kota di niatin banget beli labu siam mau buat lontong sayur..


Akhir nya Sarapan pagi tadi serasa ada di Jakarta, sarapan nya makan lontong sayur labu siam.. Sesuatu banget deh bagi aku kalo di sini bisa merasakan lontong sayur..hehe. Walaupun nyiapain nya agak repot but it's worth it .. My hubby said enakkk.. dan sampe nambah.. hilang deh rasa cape masak nya.. ;)
Resep sayur labu nya pake resep nya Dessy, lontong nya beli yg di packet tinggal di rebus aja,sayang ngga ada krupuk nya..Karena krucil mau ikutan makan juga jadi kuah sayurnya ngga di kasih pedess,jadinya pas makan lontong nya aq tambahin sambel aja.. ;)


Resep asli Sayur Labu Siam nya bisa di lihat di Blog nya Dessy  dan ini resep yang aq buat  sesuai dengan sayur yang ada di dalam kulkas. Thanks Dessy for sharing the recipe.. yummeh 

Bahan Bahan nya:
1 buah labu siam di potong panjang lalu taburi  garam,aduk rata lalu bilas 
Kacang panjang secukupnya di potong potong
Buncis secukupnya di potong miring
Daun kol secukup nya,di potong potong
1 keping tempe,di potong kecil lalu di goreng sampe kecoklatan
1 buah tahu di potong 4 lalu di goreng sampe kecoklatan
1 batang serai di geprek
500 ml santan dari 1 buah kelapa atau secukupnya  *aq pake kara 200ml dan di tambah air.
 1 sdt garam atau secukupnya
1 sdt gula pasir

Bahan Yang Di Haluskan:
4 buah cabe merah besar di buang bijinya *kalo suka pedes boleh di tambah
5 buah bawang merah
3 ulas bawang putih
3 buah kemiri
1 sdm ebi  aka udang kering  *aq tambahin

Cara Membuat nya:
1. Tumis bahan yang sudah di haluskan dengan serai sampe wangi.
2. Masukkan labu siam,kacang panjang aduk rata dan masukkan santan nya, kalo sudah mendidih masukkan buncis,daun kol,tahu dan tempenya aduk rata.
3.Masukkan garam ,gula sambil di aduk aduk.
4. Kalo rasanya uda pas dan sayurnya uda matang boleh di angkat
5. Hidangkan dengan lontong atau ketupat.. kalo ngga pake nasi hangat juga cocok.


Met Mencoba... ^_* 

3 comments:

Mayya Shirley said...

ketupat kemasan ky gitu beli dmn yah?

Melly Octaviana said...

Mayya ..bisa di beli di supermaket terdekat.. ;)

obat jerawat herbal said...

mg bermanfaat..