Tuesday, November 8, 2011

Ikan Bakar Mangga Muda ~ aka ikan bakar cecca pao


Pagi tadi liat poto bubur manadonya jenk Dessy jdnya inget sama masakan emak..hikss tdnya mau buat bubur manado juga tapi krn ngga punya bahan2nya jdnya bikin ikan bakar cecca pao (org bugis bilang nya cecca pao) aja resepnya nyokap.. jadi kangen uda setahun ngga makan masakan emak..huhu
makkk....i'm coming... 28 days to go...hehe

bikin nya td cuma setengah aja sengaja soalnya khan masih dlm program diet nih,ceritanya..hihihi
biasanya kalo mknnya enak n pedes ky gini bisa lupa diri apalagi khan mkn nya sendirian, ngga di gangguin anak2..

bener aja , untung masak nasinya cuma sedikit teringat mesti sisain nasi u/ anak2.. (sengaja juga masak nasi nya sedikit biar aq ngga mkn nasinya banyak) kayanya sengaja apa irit yah...wkwkwkwk

lumayan terobati dikit kangen sama masakan nya emak tapi koq rasanya ngga seenak kalo nyokap yg bikin yah..
yg pasti seger banget, asem sama pedes nya dapet,pas mateng td ngga nungguin anak2 dtg dr sekolah ,langsung mkn sendirian sama nasi panas..hmmm untung mertua ngga dateng, bisa2 mertua ketuk pintu pun ngga kedengeran.. :P

kali aja ada yang mau ngintip resep nya.. catet yah.. :P

Bahan - Bahan:
- ikan tilapia / ikan apa aja boleh (kl di jkrt mak pk ikan bandeng)
- 2 mangga muda/mengkel ukuran sedang
- 2 biji kemiri di bakar
- 3 biji cabe di bakar
- sedikit terasi kl suka (kl nyokap ngga pake)
- garam secukupnya
- gula sedikit ( aq tambahin soalnya td mangganya asem bgt)

Caranya:
- setelah ikan nya di bersihkan di olesin minyak biar ngga nempel lalu bakar ( kalo aku bakarnya pk teplon ngga punya bakaran ikan)
- bakar kemiri,cabe,terasi.
- parut mangganya / mangganya di cacah trus kasih garam sedikit lalu di peres airnya u/ mengurangi asam nya,kalo pas mangganya asem ky mangga muda di sini.
- haluskan cabe,terasi,kemiri,kasih garam,baru masukin mangga yg uda di parut, aduk rata,kasih gula menurut selera aja , aduk rata lagi..lalu taruh di piring.
- setelah ikan nya mateng, taru ikan di atas bumbu mangganya..
- enak di mkn sama nasi hangat,apalagi di tambah tempe goreng...


selamat mencoba.. (^_*)