Saturday, November 12, 2011

LBT # 10 Chocolate Chip Melon Pan


Hello LBters jumpa lagi di LBT 10 dengan Tema Sweet Bread , Hostnya Mba Maulina Nuryani.Kebetulan sekali aq memang sering buat sweet bread di rumah,karena kami memang suka makan roti untuk sarapan,ngemil atau bekal sekolah nya anak anak.. ;) Tapi ngga mau dong buat roti yang sudah pernah aku buat sebelum nya, jadi kesan nya ngga ada tantangan nya dong.. haha *gaya banget yah . Makanya berpikir keras ,mencari ide dari blog satu ke blog lain nya,mau buat apa untuk PR kali ini.. akhirnya menemukan melonpan ini, yang kebetulan aku memang belum pernah buat sebelum nya. Keliatan nya gampang aja buat nya,tapi ternyata ..oh ternyata ngga segampang yang aku liat di youtube

 Percobaan pertama buat nya sedikit kecewa dengan bentuk nya yang berantakan, bagian atasnya uda ngga keliatan lagi bentuk nya.kemungkinan karena terlalu mengembang jadinya pecah atas nya..hiiks. Tadi nya pasrah aja deh,tetep di photo untuk di setor,soalnya rasanya enak, Cuma penampilan nya yg ngga karuan, looks like a rock kata Titen.. Pas malem nya lagi ngedit photo hubby bilang kenapa ngga buat lagi aja, rotinya khan enak dan lagi roti yg sekarang penampilan nya ngga layak untuk di pajang di album LBT aku.. gubrakkk


My 1st Melonpan..  Lihat atasnya yg out of shape.. ;
 Akhirnya besok pagi nya aq buat lagi ,tapi kali ini Cuma buat ½ resep aja dan buat nya juga manual *suwer.. :P soalnya Cuma pake 150 gram terigu kalo mau di masukin ke BM kayanya tanggung amat yah,yg ada mungkin nanti ngga ke aduk deh krn kedikitan.. Walopun sedikit pegel tapi seneng karena ternyata I still got the skill untuk ngulenin adonan nya,terbukti tekstur roti nya empuk. ;)

Tekstur Dalam Roti nya
Akhirnya,setelah hampir 3 jam nguplek di dapur,jadi juga melonpan percobaan kedua,walopun blom perfect tapi jauh lebih bagus penampilan nya dengan percobaan yang pertama.. practice makes perfect right.. *wink

Resep Melonpan ini aku liat di blog sini..di sini
Tapi cara membuat nya agak beda dikit dari aku buat di dapur ku.. hehe


Chocolate Chips Melonpan makes 12 bread
Bahan Roti nya :
300g Tepung roti
6g instant yeast
36g caster sugar
5g garam
6g susu bubuk
200g susu cair *resep asli pake air
30g unsalted butter

Bahan Pastry nya:
80g unsalted butter
90g caster sugar
80g egg *1 telor ukuran besar ~ kocok lepas
200g all purpose flour *resep asli pake tepung protein rendah
2g baking powder

Gula caster sugar buat atas nya.
Chocolate Chips secukupnya

 Cara Membuat bread nya:
1.Di dalam mangkok campur tepung roti,gula,garam,susu bubuk dan ragi aduk rata.
2.Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil di aduk rata., lalu uleni adonan sampe ngga nempel lagi di tangan kurleb 5 menit.
3.Tipiskan doughnya, kasih butter dan ulenin lagi sampai kalis elastic kurleb 20 menit.
Pada mulanya adonan akan lembek lagi dan sedikit berminyak,tapi tetep aja ulenin,lama kelamaan butter nya akan meresap ke dough nya, kalo misalnya terlalu lembek boleh tambah tepung sesendok,jgn kebanyakan nanti malah keras.
4.Kalo sudah kalis elastik,bentuk adonan mnjadi bulat taruh di dalam mangkok tutup dan biarkan mengembang 2 kali lipat kurleb 1 jam .Sementara itu doughnya mengembang buat lapisan pastry nya


Cara Membuat pastry nya:
1.Campur terigu dan baking soda dan ayak , sisihkan.
2.Kocok butter sama gula sampe warnanya pucat.*aq pake whisker ngocoknya .
3.Masukkan telor yg sudah di kocok lepas dalam 3 bagian.jadi masukkan sedikit lalu kaocok sampe rata baru masukkan telor lagi,gitu sampe abis.
4.Masukkan terigunya sedikit demi sedikit ,aduk rata dgn spatula.
5.Bentuk panjang adonan nya lalu bungkus dengan plastik dan masukkan ke dalam kulkas at least 30 menit. *adonan nya lembek.
6.Setelah 30 menit,bagi rata adonan pastry menjadi 12 bagian, kurleb 40 gram satunya, bentuk bulat adonan nya.
7.Buat bulatan di atas kertas dgn diamtere 20 cm lalu lapisi plastic taruh adonan yg bentuk nya bulat di atas plastic lalu ,lapisi plastic atas nya,lalu press adonan hingga bentuk nya bulat sebesar bulatan yg sudah di buat di atas kertas.
8.Masukkan ke dalam kulkas.. *takut kelebekan karena mau buat rotinya.

Cara Membuat Melonpan:
1.Kalo sudah mengembang,keluarkan gas dari bread doughnya dan bagi dough nya menjadi 12 bagian sama rata, kurleb satunya sekitar 45 gram.
2.Bentuk adonan nya menjadi bulat diamkan 20 atau sampe agak mengembang tapi belum mengembang sampe 2x lipat.
3. Lalu bungkus dgn lapisan pastry nya.. *bungkus nya jangan sampe menutupi semua bagian rotinya,supaya kalo rotinya mengembang lapisan pastrynya ngga retak.
Lalu gulingkan bagian di atas gula pasir nya.
4. Iris atau bentuk bagian pastrynya sesuai patern yg di inginkan,bisa juga pake cookie cutter yang kecil.
5.Diamkan lagi kurleb 20 menit atau 30 menit..
6.Panggang di pre-heated oven suhu 180"C selama 15 menit atau sampe kecoklatan

Melonpan sebelum masuk ke oven . 
Percobaan 1 setelah di diamkan 10 menit,kasih lapisan pastry lalu di diamkan lagi 40 menit/ 2x lipat ,lapisan pastrynya retak.
percobaan 2 setelah  di diamkan selama 20 menit kasih lapisan pastry lalu di diamkan lagi 30 menit ,lapisan pastry nya baik2 saja.


Note: dari blog yang aku liat cara membuat nya setelah dough rotinya di bentuk bulat di diamkan selama 10 menit lalu di bungkus dengan lapisan pastry nya, di kasih gula dan di bentuk atas nya lalu di diamkan lagi 40 menit atau sampe double size,tapi berdasarkan percobaan pertama yang aq buat, lapisan pastry nya pecah sewaktu rotinya mengembang, ngga jelas juga penyebab nya,apakah kelamaan di proffing nya *selama 40 menit . Karena takut lapisan atas nya retak lagi dan Deadline untuk ngumpulin LBT uda di depan mata jadinya pas percobaan kedua aku cara buat nya seperti yg di atas,dan lapisan pastrynya ngga pecah . tekstur rotinya pun sama. Terserah kawan kawan  yah mau pake cara yang mana..hehe

Met Mencoba.. ;)


No comments: